Bulking dan Cutting : Mengenal Apa Itu Bulking Dan Cutting Dalam Fitnes



Nicearticl.blogspot.com - Bagi kebanyakan pemula melakukan Fitnes ( body building ) dan kemudian berhenti di tengah - tengah itu bukanlah hal yang mengejutkan. Memang sulit untuk pemula memulai kebiasaan sehat seperti fitnes untuk body building.

Disini saya akan mengupas tentang apa yang dimaksud Bulking dan Cutting .
Ok, sebelum saya memulainya coba lihat gambar berikut, apakah sudah ada bayangan di benak Anda seputar bulking dan cutting?

Bulking V.S Cutting
Mungkin beberapa dari anda merasa aneh, kenapa pada bulking terlihat kurang bagus badannya ketimbang cutting?, simple saja karena Cutting tidak akan berhasil tanpa disertai dengan latihan Bulking begitu juga sebaliknya.

Bulking adalah istilah  dalam body building, yaitu masa dimana kita berusaha untuk menambah masa otot sebanyak mungkin, atau biasa dikenal dengan ngegedein badan. Tapi yang perlu diperhatikan adalah, ngegedein badan disini bukan berarti memperbanyak makan biar jadi besar. Karena kalau gitu, maka badan tambah besar bukan hanya masa otot yang bertambah, namun body fat juga naik.
Bulking dapat dilakukan dengan diet sehat serta latihan beban yang intense. Diet disini ialah memperhatikan apa yang kita konsumsi, agar dapat membantu masa otot bertambah namun tidak diikuti dengan lemak yang dapat menyebabkan bulkin menjadi failed ( gagal ). Sedangkan latihan untuk bulking dilakukan menggunakan latihan beban yang berat dan intense, serta menekankan pada compund exercise.

Berikut Tips Bulking Untuk Pemula

1. Membesarkan badan dengan cara membesarkan masa otot anda bukan berarti anda bebas memakan apapun seenaknya. Cobalah untuk menghindari makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi (lemak jenuh/jahat dan trans). Tetapi cobalah untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan protein putih telur ( buang saja kuningnya ) dan dada ayam ( direbus / dibakar ), serta makanan yang mengandung Omega 3 (daging ikan laut) karena merupakan jenis lemak yang baik untuk tubuh, contoh Omega 3 yang sangat baik adalah Ikan Salmon.

2. Perbanyaklah minum air putih dan istirahat yang cukup, sekitar 7 – 8 jam dalam sehari. Ingat otot tumbuh bukan saat dilatih, melainkan saat tidur dan melakukan recovery !

Jika bulking adalah menambah masa otot dan menjaga untuk tidak menaikkan presentasi lemak. maka cutting adalah menjaga masa otot itu dan mengurangi body fat.
Saat kita bulking, mungkin body fat kita akan ikut naik. Karena itulah fase cutting dilakukan agar lemak yang menutupi otot tersebut dapat dikurangi. Dengan demikian, otot yang telah kita bentuk sebelumnya dapat makin terlihat dan seksi xixixi. Orang yang melakukan cutting biasanya terlihat dengan latihan menggunakan set latihan yang banyak, diet serta latihan cardio sob.

Berikut Tips Cutting Untuk Pemula

1. Sedikit sama seperti bulking, saat cutting maka anda juga harus diet dan menjaga pola makan anda. Selain itu, kurangi konsumsi karbohidrat dan perbanyak juga konsumsi serat seperti sayuran dan buah-buahan.

2. Lakukan latihan dengan menggunakan beban sedang, namun repetisi yang anda lakukan lebih banyak. Selain itu, saat cutting anda dapat memusatkan latihan pada otot yang menurut anda masih ditutupi lemak. Jangan lupa untuk melakukan latihan cardio (lari) setelah selesai latihan.

3. Jika anda membutuhkan suplemen, anda dapat mengonsumsi suplemen jenis L Carnitine untuk membantu pembakaran lemak saat latihan.

4. Terakhir, untuk mempercepat proses cutting, anda dapat menambahkan porsi latihan yang memacu jantung, misalnya berlari, berenang, aerobik dan sejenisnya. Tujuannya agar proses cutting anda dapat lebih cepat. Saya sendiri biasa sih berlari.

Nah, ulasan diatas tadi sedikit tentang apa yang dimaksud dengan bulking dan cutting. Jika kita ambil kesimpulan dari ulasan kita tadi bagaimana menurut anda?
Kalau menurut saya sendiri Bulking itu adalah membesarkan badan menambah masa otot dengan latihan beban yang berat dengan repitisi tidak begitu banyak, sedangkan Cutting menyempurnakan apa yang kita sudah lakukan saat bulking dengan latihan beban yang sedang tetapi dengan repitisi sebanyak - banyakya. - rangga s.
Nah, sobat semoga apa yang kita bahas hari ini bermanfaat bagi sobat fitnes sekalian .
Previous
Next Post »
Comments
3 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

3 comments

Click here for comments
Unknown
admin
November 1, 2018 at 6:21 PM ×

Sangat paham saya skrng... terima kasih

Reply
avatar
Unknown
admin
November 18, 2018 at 11:27 PM ×

Terima Kasih Juga sudah mampir :)

Reply
avatar