Bahaya Mengkonsumsi Sate


NiceArticl.blogspot.com - Memang sate adalah makanan yang sangat lezat bila sudah berada di lidah kita, tapi jangan salah sate selain lezat tetapi juga memiliki kandungan yang bisa dibilang tidak baik untuk dikonsumsi terlalu berlebihan karena berbagai jenis lemak terkandung dalam sate ini, berikut rincian kandungan pada sate .

1. Kandungan pada sate ayam


Sate Ayam adalah makanan berbumbu kacang yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sate Ayam mengandung energi sebesar 227 kilokalori, protein 41,3 gram, karbohidrat 1,8 gram, lemak 6,1 gram, kalsium 17 miligram, fosfor 405 miligram, dan zat besi 2,2 miligram.  Selain itu di dalam Sate Ayam juga terkandung vitamin A sebanyak 5 IU, vitamin B1 0,13 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Sate Ayam, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %. Nah pada sate ayam kandungan vitamin C adalah 0 padahal kita seharusnya mencukupi kebutuhan vitamin C pada tubuh kita untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh.

2. Kandungan pada sate kambing

Sate Kambing adalah makanan daging panggang yang dipanggang di atas arang menyala yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Sate Kambing mengandung energi sebesar 211 kilokalori, protein 41,7 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 4,9 gram, kalsium 44 miligram, fosfor 412 miligram, dan zat besi 2,7 miligram.  Selain itu di dalam Sate Kambing juga terkandung vitamin A sebanyak 5 IU, vitamin B1 0,13 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Sate Kambing, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %. Kandungan vitamin C pada sate kambing juga sama seperti pada sate ayam.


Sate makanan tinggi protein dan lemak jenuh

Menurut Badan Kesehatan, 10 tusuk sate daging sapi menyediakan 8g lemak dan 25g protein, sementara selusin tusuk sate ayam akan memberikan protein sebanyak 5g dan dengan lemak sebanyak 27g.

Sate tentu tinggi protein karena bahan utamanya adalah daging. Selain itu juga tinggi lemak, terutama lemak jenuh, dari minyak nabati, juga lemak dari daging yang dicampurkan. Persentase lemak jenuh untuk sate ayam adalah 20%, dan 30% untuk sate daging sapi, dan 60% pada sate kambing. Dengan demikian, sate bukanlah makanan yang bagus untuk memperoleh protein tinggi, karena merupakan makanan yang sangat menggemukkan. 

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger