Konser Coldplay 6 Hari Sukses Digelar di Singapura, Harga Tiket lebih Terjangkau daripada di Indonesia, Begini penjelasan Kemenparekraf

nicearticl.blogspot.com, Jakarta - Band rock Inggris Coldplay telah mengumumkan bahwa mereka akan menggelar konser bertajuk Coldplay Music of the Spheres World Tour di Indonesia dan Singapura. Konser di Indonesia akan digelar pada 15 November 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. 

Sedangkan konser di Singapura akan digelar pada 23, 24, 26, 27, 30, dan 31 Januari 2024 di Singapore National Stadium. Kisaran harga tiket yang dijual promotor menjadi salah satu hal yang sangat membedakan kedua konser tersebut.

Perlu diketahui harga tiket konser Coldplay di Indonesia berkisar antara Rp800.000 hingga Rp5 juta, dengan kategori festival seharga Rp3,5 juta. Sedangkan tiket konser di Singapura berkisar antara Rp 760.000 hingga Rp 3,3 juta dengan tiket festival Rp 1.878.000.

Kategori festival adalah untuk penonton yang berdiri di sebuah konser.

Meski sama-sama menampilkan Coldplay, mengapa ada perbedaan harga tiket konser di Indonesia dan Singapura?

Direktur Media Kemenparekraf I Gusti Ayu Dewi Hendriyani mengatakan sejumlah faktor mempengaruhi perbedaan harga tiket konser di Indonesia dan Singapura.

“Singapura memiliki populasi yang lebih kecil dibandingkan dengan Indonesia, sehingga pasar potensial untuk tiket konser Coldplay di Singapura juga lebih kecil,” ujarnya dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Rabu malam (21/6/2023).

Menurutnya, hal ini menyebabkan permintaan beli tiket di Indonesia berkurang sehingga mempengaruhi harga tiket. Dia menambahkan, promotor atau penyelenggara konser bisa menyesuaikan harga tiket agar tetap terjangkau masyarakat sekitar.

Selain itu, menurut Dewi, setiap negara memiliki peraturan dan pajak yang berbeda atas konser dan acara hiburan. “Biaya operasional seperti biaya lokasi, izin, dan peraturan juga dapat bervariasi dari satu negara ke negara lain,” katanya.

Dia mengungkapkan bahwa Singapura memiliki struktur pajak yang lebih lemah dan administrasi yang lebih efisien. Kedua hal ini membuat biaya operasional yang terkait dengan pertunjukan mungkin lebih murah dibandingkan di Indonesia.

“Konser Coldplay atau acara musik lainnya dapat didukung oleh sponsor atau mitra sponsor. Pengaturan sponsorship atau sponsorship tersebut dapat mempengaruhi harga tiket,” ujarnya melanjutkan.

Strategi Pemasaran Menurut Dewi, jika ada sponsor besar atau mitra keuangan yang membantu menutupi biaya produksi atau penyelenggaraan konser, harga tiket bisa lebih murah. Di sisi lain, setiap pengusaha di suatu negara memiliki strategi pemasaran yang berbeda. 

Penyelenggara konser dapat menggunakan strategi penetapan harga yang berbeda untuk meningkatkan penjualan tiket atau memasuki pasar baru. 

“Harga tiket di Singapura bisa lebih murah untuk menarik penggemar atau calon penonton untuk datang melihat konser tersebut,” imbuhnya. 


Sumber : Konser Coldplay di Singapura Berlangsung 6 Hari dengan Tiket yang Lebih Murah, Kemenparekraf Buka Suara

Newest
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger