Stan Lee Meninggal Dunia, Ini dia Kisah Hidup Stan Lee Sang Pencipta Superhero Marvel

Stan Lee bersama superheronya Spider-man. pict : forreadingaddicts.co.uk

Nicearticl.blogspot.com - Dunia Hollywood dan Fans Superhero Marvel tengah berduka. Bagaimana tidak?, Sosok dibalik terciptanya karakter Spiderman, Captain America, Thor dan superhero kelas dunia lainnya, Stanley Martin Lieber atau yang biasa dipanggil dengan sebutan Stan Lee menghembuskan nafas terakhirnya di usia 95 tahun. Kabar duka ini disampaikan langsung oleh putrinya, JC.

JC mengatakan, “Ayah saya mencintai semua penggemarnya. Dia adalah pria yang paling hebat dan baik.”

Mantan Prajurit Militer Perang Dunia II ini dalam beberapa tahun terakhir ternyata mengidap beberapa penyakit yang cukup kronis. Salah satunya adalah pneumonia atau yang lebih dikenal dengan istilah paru-paru basah. Senin pagi, Stan Lee dilarikan ke Rumah Sakit Cedars-Sinai Medical Center di kawasan Los Angeles, beberapa waktu kemudian Lee meghembuskan nafas terakhirnya dirumah sakit tersebut.

Stan Lee lahir pada tanggal 28 Desember 1922, kemudian ia memulai kariernya sebagai komikus  pada tahun 1939. Kala itu Lee masih menjadi asisten di kantor Timely Comics. Lalu kariernya berkembang melalui tugas jangka panjangnya dengan perusahaan, hingga akhirnya ia mendirikan penerbit.

Selang 21 tahun kemudian, ia mendirikan Marvel Comics bersama seniman lainnya seperti Jack Kirby dan Steve Ditko. Bersama Kirby, ia menciptakan Fantastic Four, Iron Man, Hulk, Thor, Silver Surfer dan X-men. Sedangkan bersama Ditko, mereka bekerjasama menciptakan karakter Spider-Man dan Doctor Strange. Bukan cuma itu, superhero bermata buta yaitu Darevill juga ia ciptakan bersama Bill Everett.

Menjadi penulis sekaligus editor Marvel, Stan Lee berhasil meraih kesuksesan Marvel khususnya pada era 1960an ketika komik sedang naik daun. Lee berhasil melambungkan nama Marvel dari yang semula hanyalah bisnis kecil menjadi salah satu label komik terbesar di dunia. Kehadiran tokoh-tokoh pahlawan super ini sungguh memikat generasi pembaca disemua kalangan usia terutama anak-anak.

Disepanjang tahun 1970an, Lee naik menjadi direktur editorial dan penerbit perusahaan. Dan di awal tahun 1980an, Lee pindah ke California agar dapat mengawasi penciptaan televisi dan operasi film Marvel yang kala itu sedang mencapai kesuksesan luar biasa. Pada saat ini pula, Marvel Comics juga mempromosikannya sebagai presiden dan pemimpin perusahaan.

Semenjak rutin diadaptasi ke film layar lebar, rasanya penggemar Marvel semakin memuncak. Nggak cukup satu kali, banyak juga penggemar yang menonton kisah superhero favoritnya berkali-kali di bioskop. Pria yang dijuluki 'Bapak' Marvel ini juga tidak pernah absen untuk tampil sebagai cameo di film-film Marvel. Cameo Lee yang paling baru adalah di film Venom yang dirilis Oktober lalu.

Banyak yang beranggapan, sejak dibawah kepemimpinannya, produksi Marvel semakin berwarna serta karakter dan kisahnya yang lebih kompleks dan menarik. Tidak heran kalau penjualannya selalu ‘melejit’, karena Lee selalu menciptakan karakter-karakter yang dekat dengan para penggemar setia Marvel dan seakan-akan memberikan pesan motivasi bahwa penggemarpun juga bisa menjadi sosok superhero idamannya.

Stan Lee mengatakan, “Saya ingin pembaca merasa bahwa kita semua adalah teman, bahwa kita berbagi kesenangan pribadi yang tidak didasari oleh dunia luar,” ungkapnya pada The Los Angeles Times, 2003 lalu.

Selamat Jalan Stan Lee, Terima kasih atas karyamu yang sudah menemani masa kecilku hingga sekarang. ~

sumber : tribunnews.com
Previous
Next Post »
Comments
1 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

1 comments:

Click here for comments
atmanagara
admin
April 15, 2019 at 11:51 PM ×

Mari segera bergabung dengan kami.....
di IONPK.ORG.:)
pin BB : 58ab14f5 , di add ya...
Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
Dijamin seru dan menghasilkaN IONPK.ORG

Congrats bro atmanagara you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar