Mengenal Apa Itu Kecerdasan Buatan / Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence (AI). foto copyright: inventiva.co.in
NiceArticl.blogspot.com - Halo sahabat NCA (Nice Articl), kali ini admin kepingin banget berbagi ilmu dengan sobat-sobat sekalian, dan sekalian juga admin mengulang pelajaran AI di kuliah dulu waktu semester 5 nih. Belajar sambil berbagi adalah hal yang positif untuk diri sendiri dan orang lain kan..

Nah guys kalian udah pada tau belum apa sih AI ?, pengertian dasarnya AI adalah "Kecerdasan Buatan" nah dari kalimat tersebut kalian pasti sudah ada bayangan kan apa itu Ai sebenarnya?.
Sebelum admin menyimpulkan apa itu AI mari kita simak pendapat dari para ahli terkait tentang AI nih guys.
Berikut pendapat menurut beberapa pakar IT Dunia tentang AI :

1. Menurut H.A. Simon (1987)
"Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia adalah- cerdas."

2. Menurut Rich and Knight (1991)
"Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia."

3. Menurut Encyclopedia Britannica
"Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan."

Nah itu dia guys beberapa pengertian Kecerdasan Buatan (AI) dari beberapa ahli terkemuka.
Dan berdasarkan pengertian dari para ahli tersebut admin dapat menyimpulkan pengertian AI sebagai berikut :
Kecerdasa Buatan atau biasa disebut AI adalah suatu teknologi ciptaan manusia yang dibuat untuk membantu kebutuhan manusia, misalnya Komputer yang mampu membantu manusia dalam bekerja sehari-hari, Robot yang dapat melakukan kegiatan yang dapat meringankan pekerjaan manusia. Pada dasarnya AI dibuat menggunakan bahasa pemrograman untuk menanamkan berbagai perintah cerdas. - ryo rangga s.
Oke guys itu adalah pendapat dari admin semata jangan dijadikan acuan ya guys tetapi jika teman-teman sependapat it's okay.
Nah sekarang kita lanjut ke tahap selanjutnya, riset tentang AI dimulai pada awal tahun 1960-an, percobaan pertama adalah membuat program permainan (game) catur, membuktikan teori, dan general problem solving (untuk tugas-tugas sederhana). "Artificial intelligence" adalah nama pada akar dari studi area.

Akar Studi Area AI.
 Berikut prediksi AI masa depan :

  • Tahun 2019 → Virtual Reality
  • Tahun 2029 → Pencangkokan Otak
  • Tahun 2049 → Nano Technology
  • Tahun 2072 → Picoengineering (10⁻²)
  • Tahun 2099 → Tidak ada lagi perbedaan yang jelas antara manusia dan mesin.
Nah yang paling mengerikan prediksi pada tahun 2099 tuh guys, gimana coba kalau seluruh bagian negara dipenuhi robot-robot manusia yang berkeliaran bebas dan menyerupai manusia pada umumnya, ngeri guys, kasian para jones ntar ngira ada cewe cantik jomblo dinikahin, ternyata dia robot weeeh 😰.

Nah dan terakhir adalah tujuan kenapa AI diciptakan nih guys, berikut tujuan tersebut.

Menurut Winston dan Prendergast (1984), diciptakannya AI adalah yang pertama, untuk membuat mesin menjadi lebih pintar. Kedua, untuk memahami apa itu kecerdasan. Ketiga, untuk membuat mesin lebih bermanfaat.

Itulah guys sedikit penjabaran seputar Artificial Intelligence (AI) semoga bermanfaat dan dapat membantu tugas kuliah kalian yahh, eiits bukan hanya tentang tugas kuliah aja dong, tetapi juga untuk belajar teknologi karna pengetahuan teknologi itu sangat penting dijaman sekarang. OKelah sobat, NiceArticl pamit dulu ya, tinggalkan komentar kalian dan follow blog ini ya. Thanks :)



Previous
Next Post »
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger